Rabu, 28 Januari 2009

PCMAV 2.0 ValKyrie

Silakan klik di sini untuk mengunduh (download) PCMAV 2.0 Valkyrie. Lho, bukankah PCMAV 2.0 ini (hingga pagi ini, 28 Januari 2009) hanya dikirimkan dan dicobakan kepada orang-orang tertentu saja? Baiklah, di sini tidak akan membahas masalah ini lebih dalam lagi. Posting kali ini, akan membahas antivirus ini dan membandingkannya dengan PCMAV 1.92 yang sudah terintegrasi dengan Clamav 0.94.2 atau versi terbarunya.


Pertama, bagaimana dengan kecepatan loadingnya? Masih sama saja koq, meski harus diakui pada Valkyrie, proses loading terasa lebih cepat. Hal itu disebabkan karena pada tampilan loading Valkyrie diberikan progress bar sehingga seolah-olah kecepatan loadingnya menjadi lebih baik dibandingkan PCMAV versi 1.92. Tampilan loading-nya juga berbeda, warna kuning sangat mendominasi PCMAV 2.0 Valkyrie, sementara pada PCMAV 1.92, warna biru sangat mendominasi tampilannya. Satu hal yang mencolok adalah dituliskannya nama-nama programmer dari tim developer PCMAV seperti Anton R. Pardede dan Sasongko R. A. Prabowo.

Bagaimana dengan tampilan utamanya? Tampilannya sangat mirip dengan PCMAV versi sebelumnya. Sekali lagi, perbedaannya hanya terletak pada dominasi warna background-nya, di mana pada Valkyrie warna utamanya adalah kuning sementara itu pada PCMAV 1.92 warna utamanya adalah biru.



Coba bandingkan dengan screenshot PCMAV versi 1.92 di bawah ini, mirip sekali bukan? Mungkin para programmernya berharap untuk tidak menghilangkan ciri khas dari tampilan PCMAV versi sebelumnya.


Bisa diintegrasikan dengan Clamav ngga? Bisa, tetapi anehnya ada sedikit perbedaan pada jumlah virus yang dapat dikenali. Silahkan lihat screenshot di bawah ini, ada 496.051 virus yang dapat dikenali oleh PCMAV.


Tetapi pada PCMAV 1.92, jumlah virus yang dikenali ternyata lebih banyak. Padahal saya mengintegrasikan versi Clamav yang sama pada keduanya yaitu Clamav 0.94.2 dan database Main/Daily yang sama pula. Perhatikan screenshot di bawah, ternyata PCMAV 1.92 dapat mengenali 496.195 virus.



Lantas bagaimana dengan kecepatan scanning dan pembersihan virusnya? Sekali lagi menurut saya masih sama saja alias tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lambat. Demikian juga dengan tampilannya yang masih juga mengadopsi tampilan lawas tapi menggunakan warna kuning sebagai warna barunya. Berikut ini adalah screenshot dari proses Scanning PCMAV 2.0 ValKyrie, saat sedang membersihkan virus.



Dan berikut ini adalah screenshot dari PCMAV 1.92 saat sedang membersihkan virus juga. Sama saja bukan……..???.


Kecepatan loading sama, tampilan sama, kecepatan scanning dan pembersihan juga sama, jadi apanya dong yang baru dari PCMAV 2.0 Valkyrie selain warna background-nya yang kuning? Selidik punya selidik, pada PCMAV 2.0 Valkyrie, terdapat fasilitas untuk mengkarantina virus dan fasilitas untuk mengirimkan sampel virus secara otomatis ke PCMedia.


Perhatikan bagian yang dilingkari merah pada screenshot di atas. Tanda underscore pada angka tiga menunjukkan bahwa angka tersebut dapat di klik dan jika anda meng-kliknya, maka akan muncul screenshot di bawah ini



Ya, pada PCMAV 2.0 Valkyrie, kita dapat mengkarantina virus-virus yang tidak dapat dibersihkannya. Sayangnya, virus-virus itu tidak dapat dikarantina secara otomatis, namun kita harus menambahkannya sendiri dengan menekan tombol add. Virus-virus yang sudah dikarantina, dapat pula di-restore dan yang paling penting adalah dapat pula dikirimkan ke PCMedia tanpa perlu repot-repot men-ZIP-nya, memberikan password, me-rename-nya menjadi *.ZIP_, lalu mengirimkannya via e-mail (wuiihhh….. C spasi D...capek dehhh). Tentu saja, komputer anda harus terkoneksi ke internet, jika tidak maka, anda tetap saja harus melakukan pengiriman seperti biasa. Demikian, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua……….. Terima kasih………


Artikel menarik lainya:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih.... langsung menuju TKP