Jumat, 18 Desember 2009

Kemarin











Kemarin...

Aku bertemu sebuah biduk kecil,

yang terombang-ambing di tengah danau...

Enggan menepi, enggan juga berlayar...

Terdiam...

Walau riak-riak danau menghempas pelan...


Kukayuh pelan dayung bidukku menghampirinya...

Memanggil lirih sang penumpang yang terlihat muram...

Sapaan lembutku kemudian menggugahnya...

Segera kulempar sauh di dekatnya...


Bidukku ikut terombang-ambing di samping biduknya...

Di bawah rembulan yang bersinar malu-malu...

Di tengah danau yang tak bertepi...

Mengenang kembali hati yang terpatri...


Sabtu, 21 November 2009

Lelah


"Mengapa berhenti?" tanya seorang teman. "Bukankah kau belum sampai pada apa yang dicitakan?"

Aku lelah. Aku tak sanggup lagi bermimpi.
Aku, kini, ingin menjalani semuanya dengan biasa saja. Dengan apa adanya.

Biarlah, kuikuti saja takdir ini.
Bukankah Tuhan, seperti katamu, telah berrencana?

Teruslah berdoa tanpa ragu dan mengeluh…

Karena Allah tidak akan gagal memenuhi permintaan umat-Nya…


Kamis, 05 November 2009

Negeri Para Bedebah

Puisi “Negeri para bedebah”
oleh Adhie M Massardi


Tahukah kamu ciri-ciri negeri para bedebah...
di sebuah negeri yang pemimpinnya hidup mewah...
tapi rakyatnya makan dari mengais sampah….

Di negeri para bedebah.....
orang baik dan bersih dianggap salah......
dipenjarakan hanya karena sering bertemu wartawan….
menipu rakyat dengan pemilu menjadi lumrah.....
karena hanya penguasa yang boleh marah....
sedangkan rakyatnya hanya bisa pasrah.

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah......
jangan tergesa-gesa mengadu kepada Allah......
karena Tuhan tak akan mengubah suatu kaum......
kecuali kaum itu sendiri mengubahnya.

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah......
usirlah mereka dengan revolusi.......
bila tak mampu dengan revolusi, dengan demonstrasi.......
bila tak mampu dengan demonstrasi, dengan diskusi.......
Tapi itulah selemah-lemahnya iman perjuangan.

Selasa, 13 Oktober 2009

FACEBOOK YANG MELENAKAN…



Ketika perpecahan keluarga menjadi tontonan yang ditunggu dalam sebuah episode infotainment setiap hari.

Ketika aib seseorang ditunggu-tunggu ribuan mata bahkan jutaan dalam berita-berita media massa.

Ketika seorang selebritis dengan bangga menjadikan kehamilannya di luar pernikahan yang sah sebagai ajang sensasi yang ditunggu-tunggu ...’siapa calon bapak si jabang bayi?’

Ada khabar yang lebih menghebohkan, lagi-lagi seorang selebrities yang belum resmi berpisah dengan suaminya, tanpa rasa malu berlibur, berjalan bersama pria lain, dan dengan mudahnya mengolok-olok suaminya.

Wuiih......mungkin kita bisa berkata ya wajarlah artis, kehidupannya ya seperti itu, penuh sensasi. Kalau perlu dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, aktivitasnya diberitakan dan dinikmati oleh publik.

Wuiiih......ternyata sekarang bukan hanya artis yang bisa seperti itu, sadar atau tidak, ribuan bahkan jutaan orang sekarang sedang menikmati aktivitasnya apapun diketahui orang, dikomentari orang bahkan mohon maaf ....’dilecehkan’ orang, dan herannya perasaan yang didapat adalah kesenangan.

Fenomena itu bernama facebook, setiap saat para facebooker meng-update statusnya agar bisa dinikmati dan dikomentari oleh orang lain. Lupa atau sengaja hal-hal yang semestinya menjadi konsumsi internal keluarga, menjadi kebanggaan di statusnya. Lihat saja beberapa status facebook :

Seorang wanita menuliskan “Hujan-hujan malam-malam sendirian, enaknya ngapain ya.....?”------kemudian puluhan komen bermunculan dari lelaki dan perempuan, bahkan seorang lelaki temannya menuliskan “mau ditemanin? Dijamin puas deh...”

Seorang wanita lainnya menuliskan “ Bangun tidur, badan sakit semua, biasa....habis malam jumat ya begini...:” kemudian komentar-komentar nakal bermunculan...

Ada yang menulis “ bete nih di rumah terus, mana misua jauh lagi....”, ----kemudian komentar-komentar pelecehan bermunculan.

Ada pula yang komentar di wall temannya “ eeeh ini si anu ya ...., yang dulu dekat dengan si itu khan? Aduuh dicari'in tuh sama si itu....” ----lupa kalau si anu sudah punya suami dan anak-anak yang manis.

Yang laki-laki tidak kalah hebat menulis statusnya “habis minum jamu nih...., ada yang mau menerima tantangan ?’----langsung berpuluh-puluh komentar datang.

Ada yang hanya menuliskan, “lagi bokek, kagak punya duit...”

Ada juga yang nulis “ mau tidur nih, panas banget...bakal tidur pake dalaman lagi nih”

Dan ribuan status-status yang numpang beken dan ingin ada komentar-komentar dari yang lainnya.

Dan itu (sadar atau tidak sadar) dinikmati oleh indera kita, mata kita, telinga kita, bahkan pikiran kita.

Ada yang lebih kejam dari sekedar status facebook, dan herannya seakan hilang rasa empati dan sensitifitas dari tiap diri terhadap hal-hal yang semestinya di tutup dan tidak perlu di tampilkan.

Seorang wanita dengan nada guyon mengomentarin foto yang baru saja diupload di albumnya, foto-foto saat SMA dulu setelah berolah raga memakai kaos dan celana pendek.....padahal sebagian besar yang di dalam foto tersebut sudah berjilbab.

Ada seorang karyawati meng-upload foto temannya yang sekarang sudah berubah dari kehidupan jahiliyah menjadi kehidupan islami, padahal foto itu saat dulu dia masih jahiliyah bersama teman-teman prianya bergandengan dengan ceria....

Ada pula seorang pria meng-upload foto seorang wanita mantan kekasihnya dulu yang sedang dalam kondisi sangat seronok padahal kini sang wanita telah berkeluarga dan hidup dengan tenang bersama suaminya.

Rasanya hilang apa yang diajarkan seseorang yang sangat dicintai Allah....(yaitu Rasulullah Muhammad SAW) kepada umatnya. Seseorang yang sangat menjaga kemuliaan dirinya dan keluarganya. Ingatkah ketika Rasulullah bertanya pada Aisyah r.ha

“ Wahai Aisyah apa yang dapat saya makan pagi ini?” maka Istri tercinta, sang humairah, sang pipi merah Aisyah menjawab “ Rasul, kekasih hatiku, sesungguhnya tidak ada yang dapat kita makan pagi ini”. Rasul dengan senyum teduhnya berkata “baiklah Aisyah, aku berpuasa hari ini”. Tidak perlu orang tahu bahwa tidak ada makanan di rumah rasulullah....”

Ingatlah Abdurahman bin Auf r.a mengikuti Rasulullah berhijrah dari mekah ke madinah, ketika saudaranya menawarkannya sebagian hartanya, dan sebagian rumahnya,

Maka abdurahman bin auf mengatakan, tunjukan saja saya pasar. Kekurangannya tidak membuat beliau kehilangan kemuliaan hidupnya. Bahwasanya kehormatan menjadi salah satu indikator keimanan seseorang, sebagaimana Rasulullah, bersabda, “Malu itu sebahagian dari iman”. (Bukhari dan Muslim).

Dan fenomena di atas menjadi Tanda Besar buat kita umat Islam, hegemoni ‘kesenangan semu’ dan dibungkus dengan ‘persahabatan fatamorgana’ ditampilkan dengan mudahnya celoteh dan status dalam facebook yang melindas semua tata krama tentang malu, tentang menjaga Kehormatan Diri dan keluarga.

Dan Rasulullah SAW menegaskan dengan sindiran keras kepada kita

“Apabila kamu tidak malu maka perbuatlah apa yang kamu mau.” (Bukhari).

Arogansi kesenangan semakin menjadi-jadi dengan tanpa merasa bersalah mengungkit kembali aib-aib masa lalu melalui foto-foto yang tidak bermartabat yang semestinya dibuang saja atau disimpan rapat.

Bagi mereka para wanita yang menemukan jati dirinya, dibukakan cahayanya oleh Allah sehingga saat di masa lalu jauh dari Allah kemudian ter-inqilabiyah – ter-shibghoh, tercelup dan terwarnai cahaya Ilahiyah, hatinya teriris melihat masa lalunya dibuka dengan penuh senyuman, oleh orang yang mengaku sebagai teman, sebagai sahabat.

Maka jagalah kehormatan diri, jangan tampakkan lagi aib-aib masa lalu, mudah-mudahan Allah menjaga aib-aib kita.

Maka jagalah kehormatan diri kita, simpan rapat keluh kesah kita, simpan rapat aib-aib diri, jangan bebaskan ‘kesenangan’, ‘gurauan’ membuat Iffah kita luntur tak berbekas.

Jazakallah khair

Dari berbagai Sumber

copas from: http://scalamedia.net/special-artikel/renungan/311-facebook-yang-melenakan.html

Kamis, 17 September 2009

Kembali Fitri di Bulan yang Suci...


Met Lebaran bagi yang merayakan...
Berharap keikhlasan rekan-rekan... untuk menerima permohonan maaf kami secara zahir dan batin dari lubuk hati yang terdalam...
Sebab sekuat kemampuan kami upayakan, tetap ada kata yang berbisa...
Sebab sekuat daya kami usahakan, tetap ada laku yang membuat luka...

Taqabalallahu minna waminkum...
Taqabal ya karim...

yoyok

Jumat, 21 Agustus 2009

Marhaban Ya Ramadhan


Marhaban ya Ramadhan. Syukur Alhamdulillah kita dapat kembali bersua dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh rahmat. Puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah proyek besar yang harus kita kerjakan dengan sebaik mungkin, jangan sampai kita merugi. Banyak pahala dijanjikan dan banyak amalan yang dilipatgandakan. Jangan biarkan ia berlalu begitu saja, tanpa ada perubahan dalam diri kita.

Puasa adalah pekerjaan menahan di tengah kebiasaan, atau mengendalikan di tengah tradisi melampiaskan. Bahkan dikatakan bahwa puasa adalah ibadah yang lebih revolusioner dibanding ibadah lain seperti shalat dan zakat. Pada orang shalat dunia ada dibelakangnya, pada orang zakat dunia di sisinya namun sebagian ia pilah untuk dibuang. Sementara pada orang puasa, dunia ada dihadapannya namun tak boleh dikenyamnya.

Ramadhan menyediakan paket makanan jiwa seperti puasa, tarawih, lailatul qadr, hingga janji kembali kepada kesucian (idul fitri). Namun tidak semua orang mampu menangkap esensinya. Bahkan tidak sedikit terjebak menjadikan Ramadhan hanya sebagai sebuah peristiwa budaya belaka. Laksana panggung ataupun karnaval, yang dipentingkan adalah gebyarnya, warna-warna menyoloknya, sound effect-nya, tampilan visualnya dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan kita, sudah siapkah menyongsong Ramadhan...

SELAMAT

MENUNAIKAN IBADAH PUASA

RAMADHAN 1430 H



Kamis, 20 Agustus 2009

Melihat Kepribadian Lewat Status Facebook

.

Saat ini sedang booming mengenai facebook. Hampir semua dari kita memiliki account di facebook. Ada yang aktif membuat ostingp-an, ada yang sekadar mencari / mengumpulkan teman-teman lama dan lain sebaginya. Tetapi tahukah anda bahwa dari status facebook mereka, kita dapat mencari tahu kepribadian si empunya pemilik facebook.........

1. Manusia Super Update

Kapanpun dan di manapun selalu update status. Statusnya tidak terlalu panjang tapi terlihat bikin risih, karena hal-hal yang tidak terlalu penting juga dipublikasikan.

Contoh : "Lagi makan di restoran A..", "Dalam perjalanan menuju neraka..", "Saatnya baca koran..", dan sebagainya.

2. Manusia Melankolis
Biasanya selalu curhat di status. Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-temannya atau hanya sekedar menuangkan unek-uneknya ke facebook. Biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yang terbaik kepada yang lain.

Contoh : "Kamu sakitin aku..lebih baik aku cari yang lain..", "Cuma kamu yang terbaik buat aku..terima kasih kamu sudah sayang ama aku selama ini..".

3. Manusia Tukang Ngeluh
Pagi, siang, malem, semuanya selalu ada aja yang dikeluhkan.

Contoh : " Jakarta maceeet...!! Panas pula...", "Aaaargh ujan, padahal baru nyuci mobil...sialan.. .!!", "Males ngapa2in... cape hati gara2 si do' i..", dan sebagainya.

4. Manusia Sombong
Mungkin beberapa dari mereka nggak berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalau statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel.

Contoh : "Otw ke Paris ..!!", "BMW ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang..", "Duh, murah-murah banget belanja di Singapur, bow,"

5. Manusia Puitis
Dari judulnya sudah jelas. Statusnya selalu diisi dengan kata-kata mutiara, tapi nggak jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyinya? atau cuma sekedar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan.

Contoh : "Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan", "Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi", "Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu".

6. Manusia in English
Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa Inggwis Gicyu Low..

Contoh : "I can tooth, you pink sun.." dsb..

7. Manusia Lebay
Updatenya selalu bertema 'gaul' dengan menggunakan bahasa dewa.. ejaan yang dilebaykan..

Contoh.." met moulnin all.. pagiiieh yg cewrah... xixiixi"

8. Manusia Terobsesi...
Mengharap tapi nggak kesampaian.. pengen jadi artis nggak dapat-dapat.

Contoh : "duwh... sesi pemotretan lagi! cape..."

9. Manusia Sok Tau..
Apa saja ditulis, padahal dia sendiri tidak tahu apa yang ditulisnya.

Contoh : "Pemerintah selalu memanjakan rakyatnya.. bla..bla...bla,"

10. Bioskop Mania..
Update film yang habis ditonton dan kasih comment..

Contoh : "ICE AGE 3..Recomended! !", "Transformers 2 mantab euy.."

11. Manusia pedagang:
Contoh: "jual sepatu bla bla bla"

12. Manusia penyuluh masyarakat:
Contoh: "jangan lupa dateng ke TPS, 5 menit utk 5 tahun bla..bla"

13. Manusia Alay..
Ada berbagai macam versi, dari tulisannya yang aneh, atau tulisannya biasa saja, hanya saja kosakatanya nggak lazim seperti bahasa alien.

Contoh:
Alay 1 : "DucH Gw4 5aYan9 b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aL!n akYu ya B3!bh..!!"
Alay 2 : "km mugh kog gag pernach ngabwarin aq lagee seech? kmuw maseeh saiangs sama aq gag seech sebenernywa? "
Alay 3 : "Ouh mY 9oD..!! kYknY4w c gW k3ReNz 48ee5h d3ch..!!"

14. Tipe Hidden Message
Tipe ini biasanya tidak to the point, tapi tentunya punya niat biar orang yang dituju membacanya. (bagus kalo baca..kalo ngga? kelamaan nunggu) padahal kan bisa langsung saja sms ya..

Contoh : "For you my M***, I can't live without you..you are my bla bla bla..", "Heh, cewe bajingan..ngapain lo deket2in co gw?! kyk ga laku aja lo.." <<< (padahal ce tersebut tidak ada dalam jaringannya.. mana bisa baca... )

15. Tipe Misterius

Tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya tanya atas apa maksud dari status orang tersebut..Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkan Subjek + Predikat + Objek + Keterangan. Tapi orang tipe ini mungkin hanya mengambil beberapa atau malah hanya satu saja..Dan pastinya mengundang kontroversi.

Contoh : "Sudahlah.." , "Telah berakhir.." <<< (apanya??), "Termenung.. ." <<< (so what gitu, loh)

Lalu yang mana tipe anda....???

Jumat, 14 Agustus 2009

Indonesia...

Di sebuah padhepokan yang sangat terkenal bernama KUMAN AIDS, seorang kyai tampak sedang khusyuk memberikan ilmunya kepada salah seorang santri kesayangannya. Sebuah ilmu tentang berbangsa dan bernegara. Berikut adalah sedikit penggalan dialog penuh makna antara kyai dan santri itu :

Kyai : “Coba engkau pejamkan matamu dan bayangkan Indonesia ini ada dalam jiwamu. Lihatlah tanah air yang indah dari Sabang hingga Merauke ini. Ribuan pulau dengan segala macam sumberdaya alamnya. Minyak, gas, batu bara, emas, permata. Ribuan suku bangsa, beragam bahasa… Ungkapkanlah dengan satu kata saja wahai santriku! Ungkapkan dengan jujur!”

Santri : …. “Alhamdulillah!”

Kyai : “Jawablah dengan jujur, anakku!”

Santri : “Alhamdulillah” (sambil meneteskan air mata bahagia)

Kyai : “Kemudian bayangkanlah jutaan rakyat miskin yang antri BLT. Ribuan buruh pabrik dengan upah yang ala kadarnya. Ungkapkanlah dengan satu kata, nak!”

Santri : … … “Subhanallah”

Kyai : “Jujur nak, sekali lagi jujur!”

Santri : “Subhanallah!”

Kyai : “Lalu bayangkanlah wajah para pejabat yang korup, wajah pejabat yang meringis merasakan nikmat jepitan selangkangan wanita-wanita sintal. Bayangkanlah wajah anggota dewan yang menerima cindera mata berupa koteka emas. Bayangkanlah wajah calo senjata yang bergerilya di gedung dewan. Bayangkanlah wajah jaksa, hakim yang suka suap. Ungkapkan dalam satu kata, santriku!”

Santri : “… As… As… Astaghfirullahaladzim…. Astaghfirullah…”

Kyai : “Jujur, sekali lagi jawablah dengan jujur!”

Santri : “…As… Ass… Assssuuuuuuu…… ASUUUUUUUUUUU!!!”

Sang Kyai pun memeluk tubuh santrinya dengan tersenyum dan menangis bahagia.Sang Kyai bahagia mempunyai generasi penerus yang masih bisa berkata jujur tentang negeri Indonesia.

* penggalan sketsa Presiden Balgadaba oleh Emha Einun Nadjib

Rabu, 22 April 2009

Empat Orang Istri

Suatu ketika, ada seorang pedagang kaya yang mempunyai empat orang istri.

Dia mencintai istri yang keempat, dan menganugerahi istrinya ini harta dan kesenangan yang banyak. Sebab, dialah yang tercantik diantara semua istrinya. Pria ini selalu memberikan yang terbaik buat istri keempatnya ini.

Pedagang itu juga mencintai istrinya yang ketiga. Dia sangat bangga dengan istrinya ini, dan selalu berusaha untuk memperkenalkan wanita ini kepada semua temannya. Namun, ia juga selalu khawatir kalau istrinya ini akan lari dengan pria yang lain.

Begitu juga dengan istri yang kedua. Ia pun sangat menyukainya. Ia adalah istri yang sabar dan pengertian. Kapanpun pedagang ini mendapat masalah, dia selalu meminta pertimbangan istrinya ini. Dialah tempat bergantung. Dia selalu menolong dan mendampingi suaminya, melewati masa-masa yang sulit.

Sama halnya dengan istri yang pertama. Dia adalah pasangan yang sangat setia. Dia selalu membawa perbaikan bagi kehidupan keluarga ini. Dialah yang merawat dan mengatur semua kekayaan dan usaha sang suami. Akan tetapi, sang pedagang, tak begitu mencintainya. Walaupun sang istri pertama ini begitu sayang padanya, namun, pedagang ini tak begitu mempedulikannya.

Suatu ketika, si pedagang sakit. Lama kemudian, ia menyadari, bahwa ia akan segera meninggal. Dia meresapi semua kehidupan indahnya, dan berkata dalam hati. “Saat ini, aku punya 4 orang istri. Namun, saat aku meninggal, aku akan sendiri. Betapa menyedihkan jika aku harus hidup sendiri.”

Lalu, ia meminta semua istrinya datang, dan kemudian mulai bertanya pada istri keempatnya. “Kaulah yang paling kucintai, kuberikan kau gaun dan perhiasan yang indah. Nah, sekarang, aku akan mati, maukah kau mendampingiku dan menemaniku? Ia terdiam. “Tentu saja tidak, “jawab istri keempat, dan pergi begitu saja tanpa berkata-kata lagi. Jawaban itu sangat menyakitkan hati. Seakan-akan, ada pisau yang terhunus dan mengiris-iris hatinya.

Pedagang yang sedih itu lalu bertanya pada istri ketiga. “Aku pun mencintaimu sepenuh hati, dan saat ini, hidupku akan berakhir. Maukah kau ikut denganku, dan menemani akhir hayatku? Istrinya menjawab, Hidup begitu indah di sini. Aku akan menikah lagi jika kau mati. Sang pedagang begitu terpukul dengan ucapan ini. Badannya mulai merasa demam.

Lalu, ia bertanya pada istri keduanya. “Aku selalu berpaling padamu setiap kali mendapat masalah. Dan kau selalu mau membantuku. Kini, aku butuh sekali pertolonganmu. Kalau ku mati, maukah kau ikut dan mendampingiku? Sang istri menjawab pelan. “Maafkan aku,” ujarnya “Aku tak bisa menolongmu kali ini. Aku hanya bisa mengantarmu hingga ke liang kubur saja. Nanti, akan kubuatkan makam yang indah buatmu”. Jawaban itu seperti kilat yang menyambar. Sang pedagang kini merasa putus asa.

Tiba-tiba terdengar sebuah suara. “Aku akan tinggal denganmu. Aku akan ikut kemanapun kau pergi. Aku, tak akan meninggalkanmu, aku akan setia bersamamu. Sang pedagang lalu menoleh ke samping, dan mendapati istri pertamanya disana. Dia tampak begitu kurus. Badannya tampak seperti orang yang kelaparan. Merasa menyesal, sang pedagang lalu bergumam, “Kalau saja, aku bisa merawatmu lebih baik saat ku mampu, tak akan kubiarkan kau seperti ini, istriku.”

Lalu apa yang bisa diambil dari cerita di atas :

Teman, sesungguhnya kita punya empat orang istri dalam hidup ini. Istri yang keempat, adalah tubuh kita. Seberapapun banyak waktu dan biaya yang kita keluarkan untuk tubuh kita supaya tampak indah dan gagah, semuanya akan hilang. Ia akan pergi segera kalau kita meninggal. Tak ada keindahan dan kegagahan yang tersisa saat kita menghadap-Nya.

Istri yang ketiga, adalah status sosial dan kekayaan. Saat kita meninggal, semuanya akan pergi kepada yang lain. Mereka akan berpindah, dan melupakan kita yang pernah memilikinya.

Sedangkan istri yang kedua, adalah kerabat dan teman-teman. Seberapapun dekat hubungan kita dengan mereka, mereka tak akan bisa bersama kita selamanya. Hanya sampai kuburlah mereka akan menemani kita.

Dan, teman, sesungguhnya, istri pertama kita adalah jiwa dan amal kita. Mungkin, kita sering mengabaikan, dan melupakannya demi kekayaan dan kesenangan pribadi. Namun, sebenarnya, hanya jiwa dan amal kita sajalah yang mampu untuk terus setia dan mendampingi kemanapun kita melangkah. Hanya amal yang mampu menolong kita di akhirat kelak.

Jadi, selagi mampu, perlakukanlah jiwa dan amal kita dengan bijak. Jangan sampai kita menyesal belakangan.

Mumpung masih hidup
Mumpung masih sehat
Mumpung masih longgar
Mumpung masih muda
Semoga Insya Allah

Selasa, 17 Februari 2009

KANGEN...

Di saat seperti ini, selalu saja aku merindukannya…

Gelak tawanya, senyumannya, gurauannya...

Ingin sekali kembali merengkuh tangannya tuk kemudian ku cium dengan lembut...

Ingin pula ku peluk erat dirinya dan tuturkan bahwa aku demikian menyayanginya...

Rindu akan sua

Rindu akan kata

Rindu akan rupa






*sudah 22 tahun aku tak merayakan hari bahagiaku bersama Bapakku...Bapak sudah damai..., Dia pasti selalu mengawasiku dari dekat. Percayalah aku selalu mengenangmu...meski dengan caraku sendiri.....*

Jumat, 13 Februari 2009

BE MY VALENTINE EVERY DAY

Mengapa kita seringkali harus menunggu momen hari Valentine? Coba pikirkan, lebih penting mana, menyatakan cinta hanya pada hari Valentine atau setiap hari sepanjang perjalanan hidup anda? Sekali dalam setahun atau 365 kali dalam setahun?


Sebenarnya momen Valentine yang mendunia dan dirayakan pada tanggal 14 Februari itu hanyalah momen "industri cinta" yang diciptakan oleh produsen tertentu untuk beramai-ramai meningkatkan omzet produk mereka.

Mulai dari coklat, bunga, sampai aksesoris yang serba pink, dipromosikan besar-besaran dengan harga yang lebih mahal daripada biasanya. Setangkai mawar seharga Rp. 2.500,- bisa melonjak jadi Rp.10.000,-! Empat kali lipat dan laris maniiiis dibeli korban momen Valentine

Apakah anda termasuk salah satu korbannya? Atau... Anda termasuk salah satu pemain industri cinta yang memanfaatkan momen Valentine untuk bisnis anda.

Senin, 09 Februari 2009

Aku Ingin Hatimu Tahu

Ada kata dari hatiku..
Yang kuingin hatimu tahu
Sepanjang hari ini aku selalu bertanya
Di manakah gerangan dirimu berada...

Kemarin dalam sendiriku
Lirih kudengar namamu di telingaku
Namun saat aku berpaling
Tak kulihat seorang pun di sekitarku

Setelah aku sadari
Ternyata hatikulah yang memanggilmu
Selalu memanggil namamu...
Apakah kau juga mendengarnya?

Kamis, 05 Februari 2009

RINDU INI

Kini aku tahu...
Kerinduan itu tak dapat dibendung
Ia datang tak malu-malu
Seraya mengantarkan degup yang begitu kencang
Tanpa dapat dikekang
Dan akan terus berkembang
Demikian seterusnya seperti itu....

Senin, 02 Februari 2009

EARTH HOUR 2009

Sign up for Earth Hour! - Agung Cahyo

Earth Hour 2009 - Sign up for Earth Hour!


Earth Hour merupakan kampanye global WWF untuk menekan laju perubahan iklim. Diharapkan semua komponen masyarakat baik individu, pelaku bisnis maupun pemerintah akan mematikan lampu selama 1 jam pada hari Sabtu, tanggal 28 Maret 2009 pukul 20:30-21:30.
74 kota di 62 negara telah berkomitmen melaksanakan Earth Hour 2009.
GABUNG BERSAMA KAMI, DUKUNG EARTH HOUR

Apa itu Earth Hour?

Earth Hour merupakan kampanye perubahan iklim global WWF. Individu, pelaku bisnis, pemerintah akan mematikan lampu selama 1 jam dalam rangka menunjukkan dukungan terhadap penanggulangan perubahan iklim. Tahun 2009, Earth Hour menargetkan dapat menjangkau 1 milyar orang di 1000 kota.

Kapan?

Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Dimana?

Kota-kota yang berkomitmen turut serta dalam kampanye Earth Hour 2009 antara lain :

1 . Adelaide (Australia)38 . Manila (Filipina)
2 . Brisbane (Australia)39 . Gdansk (Polandia)
3 . Canberra (Australia)40 . Lodz (Polandia)
4 . Darwin (Australia) 41 . Poznan (Polandia)
5 . Hobart (Australia) 42 . Torun (Polandia)
6 . Melbourne (Australia) 43 . Warsaw (Polandia)
7 . Perth (Australia) 44 . Lisbon (Portugal)
8 . Sydney (Australia)45 . Moscow (Russia)
9 . Santa Cruz de la Sierra (Bolivia)46 . Petropalovsk-Kamchatsky (Russia)
10 . Sofia (Bulgaria) 47 . Singapore City (Singapore)
11 . Toronto (Canada)48 . Cape Town (Afrika Selatan)
12 . Hong Kong (Republik Rakyat Cina) 49 . Ekero (Swedia)
13 . San Jose (Costa Rica)50 . Gothenberg (Swedia)
14 . Aalborg (Denmark)51 . Kalmar (Swedia)
15 . Copenhagen (Denmark)52 . Kiruna (Swedia)
16 . Odense (Denmark)53 . Lilla Edet (Swedia)
17 . Ponphei (Persekutuan Micronesia)54 . Malmö (Swedia)
18 . Suva (Fiji)55 . Mullsjo (Swedia)
19 . Espoo (Finlandia)56 . Nassjo (Swedia)
20 . Helsinki (Finlandia) 57 . Norrkoping (Swedia)
21 . Guatemala City (Guatemala)58 . Orebro (Swedia)
22 . Bologna (Itali) 59 . Sodertalje (Swedia)
23 . Florence (Itali)60 . Ulricehamn (Swedia)
24 . Milan (Itali) 61 . Vaxjo (Swedia)
25 . Naples (Itali) 62 . Ystad (Swedia)
26 . Palermo (Itali) 63 . Istanbul (Turki)
27 . Rome (Itali) 64 . Abu Dhabi (UAE)
28 . Turin (Itali)65 . Dubai (UAE)
29 . Venice (Itali) 66 . Fujairah (UAE)
30 . Amman (Jordan) 67 . Sharjah (UAE)
31 . Mexico City (Mexico)68 . London (UK)
32 . Auckland (New Zealand)69 . Chicago (USA)
33 . Christchurch (New Zealand) 70 . Las Vegas (USA)
34 . Hamilton (New Zealand)71 . Los Angeles (USA)
35 . Oslo (Norwegia) 72 . San Francisco (USA)
36 . Tromso (Norwegia)73 . Miami (USA)
37 . Trondheim (Norwegia) 74 . Nashville (USA)


Landmark/bangunan ciri khas kota-kota dunia yang berkomitmen berpatisipasi pada Earth Hour 2009 antara lain :
• Gedung Opera (Sydney)
• CN Tower (Toronto)
• Table Mountain (Cape Town)
• Adia Building (Abu Dhabi) – bangunan tertinggi di Abu Dhabi
• Burj Dubai (Dubai) – bangunan tertinggi di dunia
• Federation Tower (Moscow)
• Burj al Arab (Dubai) – symbol hotel bintang 6
• Quirinale (Roma) - Rumah dinas Presiden Itali
• National University (Singapore)
• Sky Tower (Auckland)
• Auckland Harbour Bridge (Auckland)
• Helsinki Cathedral (Helsinki)

Kenapa ?

Dampak dari perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi karbon menunjukkan ancaman besar pada kehidupan manusia di bumi. Hanya dengan mengubah sikap masyarakat dunia secara global dalam penggunaan sumber energi yang menghasilkan emisi karbon, kita dapat mengurangi ancaman ini.

Earth Hour merupakan sebuah seruan global dari berbagai pihak baik individu, pelaku bisnis, politisi maupun pemerintah di seluruh dunia bahwa upaya untuk menekan laju perubahan iklim merupakan tanggung jawab bersama.

Apa yang akan dicapai?

Tujuan dari Earth Hour 2009 adalah menjangkau sebanyak mungkin individu, rumah tangga dan pelaku bisnis untuk mematikan lampu mereka serta peralatan elektronik selama 1 jam.

Earth Hour bertujuan untuk mendidik masyarakat dunia tentang ancaman perubahan iklim dan begitu mudahnya bagi individu dan pelaku bisnis untuk melakukan perubahan kecil yang dapat menciptakan perubahan besar dalam keseharian mereka dan operasi perusahaan.

Earth Hour 2009, diharapkan dapat memberikan mandat kepada pemimpin dunia yang akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Kopenhagen, Desember 2009 untuk melakukan reformasi lingkungan, yakni dengan menghasilkan kesepakatan baru tentang perubahan iklim menggantikan Protokol Kyoto.

Sejarah Earth Hour

Kampanye Earth Hour ini dimulai di Sydney pada 31 Maret 2007 dimana lebih dari 2 juta orang dan 2000 pelaku bisnis di seluruh kota mematikan lampu dan peralatan elektronik mereka selama 1 jam. Sejak dimulainya kampanye ini, pesan Earth Hour telah mendunia.

Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampu mereka sebagai dukungan terhadap Earth Hour yang menyampaikan pesan ke seluruh dunia bahwa aksi individu yang dilakukan secara bersama sesungguhnya dapat mengubah dunia.

Earth Hour 2009 targetkan jangkau 1 milyar orang di 1.000 kota seluruh dunia.

Sumber : www.earthhour.org

Rabu, 28 Januari 2009

PCMAV 2.0 ValKyrie

Silakan klik di sini untuk mengunduh (download) PCMAV 2.0 Valkyrie. Lho, bukankah PCMAV 2.0 ini (hingga pagi ini, 28 Januari 2009) hanya dikirimkan dan dicobakan kepada orang-orang tertentu saja? Baiklah, di sini tidak akan membahas masalah ini lebih dalam lagi. Posting kali ini, akan membahas antivirus ini dan membandingkannya dengan PCMAV 1.92 yang sudah terintegrasi dengan Clamav 0.94.2 atau versi terbarunya.


Pertama, bagaimana dengan kecepatan loadingnya? Masih sama saja koq, meski harus diakui pada Valkyrie, proses loading terasa lebih cepat. Hal itu disebabkan karena pada tampilan loading Valkyrie diberikan progress bar sehingga seolah-olah kecepatan loadingnya menjadi lebih baik dibandingkan PCMAV versi 1.92. Tampilan loading-nya juga berbeda, warna kuning sangat mendominasi PCMAV 2.0 Valkyrie, sementara pada PCMAV 1.92, warna biru sangat mendominasi tampilannya. Satu hal yang mencolok adalah dituliskannya nama-nama programmer dari tim developer PCMAV seperti Anton R. Pardede dan Sasongko R. A. Prabowo.

Bagaimana dengan tampilan utamanya? Tampilannya sangat mirip dengan PCMAV versi sebelumnya. Sekali lagi, perbedaannya hanya terletak pada dominasi warna background-nya, di mana pada Valkyrie warna utamanya adalah kuning sementara itu pada PCMAV 1.92 warna utamanya adalah biru.



Coba bandingkan dengan screenshot PCMAV versi 1.92 di bawah ini, mirip sekali bukan? Mungkin para programmernya berharap untuk tidak menghilangkan ciri khas dari tampilan PCMAV versi sebelumnya.


Bisa diintegrasikan dengan Clamav ngga? Bisa, tetapi anehnya ada sedikit perbedaan pada jumlah virus yang dapat dikenali. Silahkan lihat screenshot di bawah ini, ada 496.051 virus yang dapat dikenali oleh PCMAV.


Tetapi pada PCMAV 1.92, jumlah virus yang dikenali ternyata lebih banyak. Padahal saya mengintegrasikan versi Clamav yang sama pada keduanya yaitu Clamav 0.94.2 dan database Main/Daily yang sama pula. Perhatikan screenshot di bawah, ternyata PCMAV 1.92 dapat mengenali 496.195 virus.



Lantas bagaimana dengan kecepatan scanning dan pembersihan virusnya? Sekali lagi menurut saya masih sama saja alias tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lambat. Demikian juga dengan tampilannya yang masih juga mengadopsi tampilan lawas tapi menggunakan warna kuning sebagai warna barunya. Berikut ini adalah screenshot dari proses Scanning PCMAV 2.0 ValKyrie, saat sedang membersihkan virus.



Dan berikut ini adalah screenshot dari PCMAV 1.92 saat sedang membersihkan virus juga. Sama saja bukan……..???.


Kecepatan loading sama, tampilan sama, kecepatan scanning dan pembersihan juga sama, jadi apanya dong yang baru dari PCMAV 2.0 Valkyrie selain warna background-nya yang kuning? Selidik punya selidik, pada PCMAV 2.0 Valkyrie, terdapat fasilitas untuk mengkarantina virus dan fasilitas untuk mengirimkan sampel virus secara otomatis ke PCMedia.


Perhatikan bagian yang dilingkari merah pada screenshot di atas. Tanda underscore pada angka tiga menunjukkan bahwa angka tersebut dapat di klik dan jika anda meng-kliknya, maka akan muncul screenshot di bawah ini



Ya, pada PCMAV 2.0 Valkyrie, kita dapat mengkarantina virus-virus yang tidak dapat dibersihkannya. Sayangnya, virus-virus itu tidak dapat dikarantina secara otomatis, namun kita harus menambahkannya sendiri dengan menekan tombol add. Virus-virus yang sudah dikarantina, dapat pula di-restore dan yang paling penting adalah dapat pula dikirimkan ke PCMedia tanpa perlu repot-repot men-ZIP-nya, memberikan password, me-rename-nya menjadi *.ZIP_, lalu mengirimkannya via e-mail (wuiihhh….. C spasi D...capek dehhh). Tentu saja, komputer anda harus terkoneksi ke internet, jika tidak maka, anda tetap saja harus melakukan pengiriman seperti biasa. Demikian, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua……….. Terima kasih………

Selasa, 20 Januari 2009

JANGAN SALAH MEMILIH

Perhelatan akbar di tahun 2009 akan segera dijelang..
Pemilu Legislatif,
Pemilu Presiden,
( dan entah Pemilu apa lagi..)

Sudahkah kita siapkan diri untuk memilih ‘wakil rakyat’ kita dengan cerdas?

Zaman gini, masa sih masih mau :
  • memilih wakil rakyat yang nantinya malah korupsi?
  • memilih wakil rakyat yang nantinya malah tertangkap selingkuh dengan penyanyi dangdut?
  • memilih wakil rakyat yang nantinya malah asyik tidur kala sidang?
  • memilih milih wakil rakyat yang kerap memikirkan dirinya sendiri?
  • memilih wakil rakyat yang sibuk cari uang buat balik modal gara-gara kampanye?
  • memilih wakil rakyat yang nantinya malah menjual aset negara karena nggak tahu apa-apa?
  • memilih wakil rakyat yang nantinya malah mendukung rusaknya moral bangsa ini?
  • memilih wakil rakyat yang nantinya malah ‘makan gaji buta’?
Ayo.. ayo..
Jadilah pemilih yang cerdas, cari informasi tentang ‘wakil rakyat’ yang akan kita pilih. Jangan memilih yang kemarin janjinya ini-itu tapi nggak ada buktinya hingga hari ini. Bilang anti korupsi, tapi kader partainya ketangkep karena korupsi (ck..ck..ck). Intinya, jangan sampai salah pilih, kondisi negara kita saat ini kritis, sampai kapan kita akan begini?

Sudah bukan saatnya kita ‘didatangi’ tapi kita justru ‘mendatangi’ pusat-pusat informasi. Open your mind. Bangsa ini tidak bisa bangkit seutuhnya hanya dengan segelintir orang. ‘Vote’ setiap orang akan sangat berharga. Sudah bukan waktunya lagi hanya menyesali sistem yang ada saat ini. Tetapi sekarang saatnya berpikir bagaimana membuat output sistem ini menjadi tetap optimal

Ayo mulai sekarang :
Kita berhimpun dalam barisan
Lantangkan suara hati nurani
Agar negeri ini berkeadilan
Indonesia maju bukan hanya mimpi

Jumat, 02 Januari 2009

SITUS TRANSLATE ONLINE

Anda mungkin mengalami kesusahan menemukan suatu arti dari suatu bahasa yang anda baca di dalam website atau artikel dan jurnal ilmiah, namun dengan banyaknya perkembangan teknologi, semua kebutuhan kita menjadi dimudahkan, termasuk kebutuhan kita untuk mengartikan dan memahami bahasa lain dengan mudah. Layanan-layanan di bawah ini dapat membantu anda untuk menghemat waktu membuka kamus atau scrolling halaman di kamus online, yang anda perlu lakukan hanyalah memasukkan isian apakah itu dengan copy paste atau mengetikkan kata atau URL halaman yang ingin kita artikan. Selain itu layanan ini dapat menghemat anda mengeluarkan uang atau download berlama-lama software-software penerjemah bahasa berukuran besar dan kadang kurang relevan.

  • 101 Languages http://www.101languages.net/ Layanan penerjemah dan vocabulary dasar ini mampu menerjemahkan ke berbagai bahasa, lebih dari 101 bahasa termasuk didalamnya adalah bahasa Indonesia.

  • AjaxTrans http://ajaxtrans.com/ Dengan layanan ini, anda bisa men-translate tulisan anda secara otomatis ke berbagai pilihan bahasa yang anda inginkan. Bahasa yang didukung saat ini adalah bahasa inggris , spanyol, jerman, perancis, itali, portugis, cina, jepang, korea, rusia, yunani dan belanda.

  • AllWords http://www.allwords.com/ Layanan ini menyediakan link ke kamus bahasa, tempat belajar bahasa asing, layanan translasi bahasa dan sebagainya.

  • AltaVista Babel Fish http://babelfish.altavista.com/ Disini anda bisa menerjemahkan bahasa pada website menjadi bahasa lain atau memasukkan hingga 150 masukan kata bahasa inggris, perancis, jerman, cina, jepang, itali, belanda, portugis, spanyol, korea, rusia, yunani ke bahasa lainnya atau sebaliknya.

  • Aquarius.Net http://aquarius.net/ Situs ini menyediakan berita dan pemberitahuan pekerjaan translasi bahasa, forum bahasa, dan juga direktori agensi translasi bahasa untuk keperluan translasi untuk bisnis, website dan lain sebagainya. Anda bisa bertanya langsung bahasa yang tidak anda mengerti di forumnya dan juga mendapatkan berbagai informasi penting.

  • BabelPlex http://babelplex.com/ Disini anda bisa memasukkan berbagai kata dan mencari pada web translasi kata tersebut dalam bahasa yang anda pilih.

  • ForeignWord http://www.foreignword.com/ Layanan ini menyediakan link ke berbagai kamus bahasa, tool identifikasi bahasa dan translasi dan juga direktori translator bahasa.

  • FreeDictionary.biz http://freedictionary.biz/ Kamus multibahasa ini juga mendukung translasi dari dan ke bahasa belanda, estonia, jerman, italia, lithuania, polandia, rusia, spanyol dan turki.

  • Google Translate http://translate.google.com/translatet Layanan dari google ini dapat mentranslasi teks dan halaman web dalam bahasa inggris ke bahasa arab, cina, perancis, jerman, italia, korea, jepang, rusia, spanyol, portugis, dan sebaliknya. Selain itu anda juga bisa memasukkan beberapa frasa tertentu dalam bahasa yang anda ingin terjemahkan, dan situs ini akan mencoba mencarinya di situs lain. Disini juga tersedia kamus multibahasa.

  • ImTranslator http://imtranslator.com/ Layanan ini menyediakan translator online, spell checker, kamus multibahasa, keyboard virtual dan layanan translasi khusus berbagai bahasa ke bahasa rusia dan sebaliknya.

  • iPhoneCedict http://www.iphonecedict.com/ Kamus online berbahasa mandarin ke bahasa inggris dan sebaliknya. Anda juga bisa menggunakan layanan ini untuk mentranslasi kalimat juga.

  • LingoDeal http://lingodeal.com/app LingoDeal ini adalah marketplace terbuka untuk pekerjaan translator dengan berbagai ahli bahasa/translator dalam satu jaringan. Jika anda seorang ahli bahasa, anda bisa mendaftar disini dan mendapatkan bayaran untuk hasil translasi atau jika anda sedang mencari penerjemah bahasa untuk proyek, tugas atau pekerjaan anda, anda bisa mencari dan membayar orang untuk mengerjakannya disini.

  • NetFinder http://www.netfinder.co.nz/ Direktori yang berisi situs-situs dari New Zealand ini menyediakan layanan translasi situs pada direktori ini dalam 8 bahasa.

  • PanImages http://www.panimages.org/ Anda bisa menggunakan layanan PanImages ini untuk mentranslasi kata dalam berbagai bahasa berbeda dan mencari gambar pada google dan flickr untuk memperjelas pengertian bahasa tersebut.

  • PopJisyo http://www.popjisyo.com/WebHint/Portal_e.aspx Kamus berbentuk pop-up untuk bahasa jepang, cina dan korea dan juga bahasa lainnya ini dapat anda gunakan sambil membaca website berbahasa asing.

  • Proz http://www.proz.com/ Kamus direktori online untuk freelance translator bahasa dan agensi translator. Anda bisa menggunakan jasa-jasa translator tersebut untuk menerjemahkan bahasa yang anda inginkan untuk diterjemahkan.

  • SDLFreeTranslation http://www.freetranslation.com/ Disini anda bisa mentranslasi website dan teks dalam bahasa inggris ke cina tradisional atau sederhana, spanyol, perancis, jerman, italia, belanda, portugis, rusia, jepang, dan norwegia. Anda juga bisa memilih pilihan lain seperti translasi dengan chatting dan juga layanan translasi oleh translator ahli tersedia dengan harga tertentu.

  • TranslatorBase http://translatorsbase.com/ Disini anda bisa mengumumkan proyek pekerjaan translasi yang anda ingin selesaikan pada TranslatorBase dan mendapatkan jawaban dan bantuan dari translator freelance dan agensi translasi lainnya.

  • TranslatorsCafe http://translatorscafe.com/cafe/default.asp TranslatorCafe ini menyediakan berita dan sumber-sumber linguistik, anda juga bisa chatting dan bercakap-cakap dengan ahli bahasa lainnya tentang translasi bahasa yang tidak anda pahami atau menawarkan diri untuk bekerja pada agensi translasi jika anda mempunyai kemampuan bahasa asing.

  • WordReference http://www.wordreference.com/ Kamus multibahasa ini mendukung translasi dari bahasa inggris ke spanyol, perancis dan italia juga sebaliknya.

  • WorldLingo http://www.worldlingo.com/ Disini anda bisa menemui sumber-sumber dari berbagai macam kamus online gratis, selain itu juga menyediakan translasi bahasa dokumen, website, multimedia dan software oleh translator profesional.

  • Yahoo Babel Fish http://babelfish.yahoo.com/ Dengan Yahoo Babel Fish, anda bisa mentranslasi halaman web hingga 150 kata ke berbagai bahasa, layanan ini sangat mirip dengan altavista babelfish.

Luka Itu Terkoyak Kembali

Saudara-saudara kita di Palestina, untuk kesekian juta kalinya, berduka lagi. Beberapa hari lalu, Israel kembali melancarkan serangannya di Jalur Gaza. Lebih dari 200 jiwa meninggal dunia, dan 400-an orang terluka. Apa yang bisa kita lakukan untuk kalian, saudara-saudaraku, selain dengan tangisanku ini?

Doa

Ya. Hanya doa yang bisa kita persembahkan untuk kalian. Jika manusia tidak mampu memberikan kemerdekaan bagi kalian, kelak Allah Swt pasti akan memerdekakan kalian. Percayalah.


Satu jiwa terlahir, sepuluh orang tewas. Mungkin ini siklus kehidupan. Tetapi buat mereka, saudara-saudaraku di Palestina, itu bermakna lain. Rakyat Palestina hanya ingin dimerdekakan kehidupannya di atas secuil tanah harapan, yang bernama Palestina.

Cinta kasihku untuk kalian

Darah yang baru saja mengering kini basah lagi, dan terus merembas lagi.
Luka yang sudah terobati, terkoyak lagi, ternganga kembali, dan terus begitu.
Tapi , aku yakin kalian lebih sabar dari pada itu.
Kesabaran tanpa batas akan janji Allah.
Aku percaya akan janji Allah yang terindah
Maafkan aku jika hanya ini yang bisa aku persembahkan
Beserta bait-bait doa yang kusenandungkan dari bibirku
Untukmu saudara-saudaraku.