Selasa, 30 November 2010

Konsinyering

Waduh, mendadak diminta ke Jakarta nih. Ada acara Konsinyering Lanjutan Realisasi Anggaran Biaya Investasi (MySAP) status sampai dengan Nopember 2010. Biasanya sih Mas Maman yang berangkat, tapi karena dia sedang ada acara keluarga, mau nggak mau aku harus berangkat nih. Dari Region Jawa banyak sih, cuma berangkatnya nggak bareng.

Senin, 22 Nopember 2010

Berangkat dari Cirebon naik kereta api kereta senja Cirebon Express jam pemberangkatan pukul 18.15 WIB. Karena baru pulang dari kantor pukul 16.30 WIB, akhirnya sampai rumah cuma sempat mandi langsung packing pakaian dan buru-buru berangkat. Sampai stasiun ternyata keretanya terlambat (terlambat itu jadwal rutin kali ya…). Di stasiun yang ramai semakin hiruk pikuk dengan kedatangan supporter PSCS Cilacap yang baru selesai menyaksikan pertandingan tim kesayangannya melawan Persikab Kabupaten Bandung.


Mitos Seputar HIV AIDS

Sembilan dari sepuluh orang tidak tahu bahwa dirinya terinfeksi HIV

Apakah gigitan nyamuk membawa resiko terinfeksi HIV?

HIV tidak menyebar melalui gigitan nyamuk atau gigitan serangga lainnya. Bahkan bila virus masuk ke dalam tubuh nyamuk atau serangga yang menggigit atau mengisap darah, virus tersebut tidak dapat mereproduksi dirinya dalam tubuh serangga. Karena serangga tidak dapat terinfeksi HIV, serangga tidak dapat menularkannya ke tubuh manusia yang digigitnya.

Apakah saya harus khawatir tertular HIV saat melakukan kegiatan olah raga?

Tidak terdapat bukti bahwa HIV dapat ditularkan ketika seseorang melakukan olah raga. Bisakah saya terkena HIV dari bersentuhan secara biasa? (berjabat tangan, berpelukan, menggunakan toilet, minum dari gelas yang juga digunakan oleh seseorang yang terkena HIV, atau berada berdekatan dengan seseorang yang terinfeksi yang sedang bersin atau batuk)?

HIV tidak ditularkan oleh kontak sehari-hari dalam kegiatan sosial, di sekolah, ataupun di tempat kerja. Anda tidak dapat terinfeksi lantaran anda berjabat tangan, berpelukan, menggunakan toilet yang sama atau minum dari gelas yang sama dengan seseorang yang terinfeksi HIV, atau terpapar batuk atau bersin penyandang infeksi HIV.

Apakah HIV hanya menjangkiti kaum homoseksual dan pengguna narkoba saja?

Tidak. Setiap orang yang melakukan hubungan seks yang tak terlindungi, berbagi penggunaan alat suntikan, atau diberi transfusi dengan darah yang terkontaminasi dapat terinfeksi HIV. Bayi dapat terinfeksi HIV dari ibunya selama masa kehamilan, selama proses persalinan, atau setelah kelahiran melalui pemberian air susu ibu.

Sebanyak 90% kasus HIV merupakan akibat dari penularan seksual dan 60-70%kasus HIV terjadi di kalangan heteroseksual.

Apakah kita dapat mengetahui bahwa seseorang terkena HIV hanya dengan melihat dari penampilannya?

Kita tidak dapat mengetahui bahwa seseorang menyandang HIV atau AIDS hanya dengan melihat penampilan mereka. Seseorang yang terinfeksi HIV bisa saja nampak sehat dan merasa baik-baik saja, namun mereka tetap dapat menularkan virus itu ke anda. Tes darah merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV atau tidak.

Bisakah saya terjangkit lebih dari satu infeksi menular seksual (IMS) pada saat yang bersamaan?
Ya. Anda dapat terkena lebih dari satu infeksi penyakit menular (IMS) pada saat yang bersamaan. Masing-masing infeksi memerlukan pengobatannya sendiri. Anda tidak dapat menjadi kebal terhadap IMS. Anda juga dapat terkena infeksi yang sama berkali-kali. Banyak pria dan wanita yang tidak merasa atau melihat gejala awal apapun ketika mereka pertama kali terinfeksi dengan IMS, kendatipun mereka masih bisa menulari pasangan seksualnya.

Ketika seseorang sedang menjalani terapi antiretroviral, dapatkan dia menularkan HIV kepada orang lain?

Terapi antiretroviral tidak dapat mencegah penularan virus ke orang lain. Terapi dapat membantu menurunkan jumlah virus ke tingkat yang tidak terdeteksi, namun HIV masih tetap ada dalam tubuh, dan dapat ditularkan ke orang lain melalui hubungan seksual, dengan bergantian memakai peralatan suntikan, atau melalui ibu yang menyusui bayinya.

Senin, 29 November 2010

Hari AIDS Sedunia Tahun 2010


“170-210 ribu dari 220 juta jiwa penduduk Indonesia mengidap HIV/AIDS. Hingga kini, jumlah kematian akibat AIDS mencapai 5.500 jiwa. Hentikan penyebaran HIV/AIDS sekarang juga.”
Setiap tanggal 1 Desember, kita memperingati Hari AIDS Sedunia.  Hari itu diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada saat Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia pada tahun 1988. Sejak saat itu, mulailah diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Tema

Tema peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2010 telah ditetapkan secara internasional oleh PBB yaitu Universal Access  &  Human Right. Untuk Indonesia, tema tersebut  diterjemahkan menjadi Akses Universal dan Hak Asasi Manusia.

Tema tersebut  mempunyai makna bahwa perlindungan hak asasi manusia adalah sesuatu yang fundamental dalam memerangi pandemi HIV dan AIDS secara global. Pengabaian pemenuhan hak asasi manusia akan memicu terjadinya penyebaran HIV yang tidak terkontrol dan akan menempatkan populasi kunci dalam kelompok yang terpinggirkan serta berpotensi meningkatkan mata rantai penularan. Dengan mempromosikan pemenuhan hak asasi manusia, maka orang yang terinfeksi HIV hidup bebas dari stigma dan diskriminasi sehingga jumlah infeksif baru akan  makin dapat ditekan karena semakin banyak mata rantai penularan HIV yang dapat diputus dan bisa dicegah.

Sub Tema

Berdasarkan tema internasional HAS 2010, maka sub-tema yang ditetapkan di Indonesia adalah  “Peningkatan hak dan akses pendidikan untuk semua, guna menekan laju epidemi HIV di Indonesia menuju tercapainya Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs)”

Slogan

Slogan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2010 yaitu  “STOP AIDS”, Tingkatkan Hak dan Akses Pendidikan untuk Semua”



Selasa, 09 November 2010

Mengenang Bung Tomo

 

ini pidato nya bung tomo di RRI Surabaya:
"Saudara-saudara rakyat Surabaya.
Bersiaplah! Keadaan genting.
Tetapi saya peringatkan sekali lagi.
Jangan mulai menembak.
Baru kalau kita ditembak.
Maka kita akan ganti menyerang mereka itu.
Kita tunjukkan bahwa kita itu adalah orang yang benar-benar ingin merdeka.
Dan untuk kita saudara-saudara.
Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka.
Semboyan kita tetap.
Merdeka atau mati.
Dan kita yakin, Saudara-saudara.
Akhirnya, pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita.
Sebab Allah selalu berada di pihak yang benar.
Percayalah Saudara-saudara!
Tuhan akan melindungi kita sekalian.
Allahu Akbar!   Allahu Akbar!    Allahu Akbar!
Merdeka.....!"

Selasa, 02 November 2010

Cepat Sembuh Ya Nak....


Nak cepat sembuh ya, Mamah sama Papah nggak tega melihat dirimu selalu tidur-tiduran (baca : sakit). Hari ini sudah genap satu minggu kok kamu belum sembuhjuga ya. Papah dan Mamah sangat kangen banget sama tingkah nakal serta cerewetmu. Cepat sembuh ya Nak, nanti kalau udah sembuh seperti biasa kita jalan-jalan bareng Mbak Ciara. 

Lekas sembuh ya Nak, meskipun kamu tersenyum tapi rasanya hati ini menangis. Mamah kelihatan sedih banget dan stress, melihat dirimu seperti nggak semangat. Papah kangen sekali, karena sudah seminggu ini tidak ada yang membangunkan Papah setiap pukul tiga pagi. Papah sudah kangen ingin jalan-jalan lagi melihat kereta api sebelum ke sekolah. Papah juga sudah kangen nih nggak ada yang gangguin kalau pas papah membersihkan motor, membetulkan komputer bahkan sepeda kecilmu.  

Cepat sembuh ya Nak. Mamah dan Papah sangat berharap banget, semoga Kamu cepat sembuh. Ya Allah Ya Rabbi berilah Hambamu kekuatan Lahir dan Batin. Hanya Kepada-Mu Ya Allah Hamba berserah Diri. Ampuni semua dosa – dosa Hambamu ini. Berilah Keluarga, orang-orang yang kucintai Kesehatan dan Keselamatan di Dunia dan di Akhirat
Amin...Amin...Amin...

(Alhamdulillah.... Hari Rabu tanggal 03 Nopember lalu, Annakku sudah boleh pulang dari Rumah Sakit... Terima kasih Allah, terima kasih semuanya atas doa-doanya....)