Jumat, 21 Mei 2010

Indonesia Bisa


Aduh kok bisa lupa ya…. Jujur, aku benar-benar lupa kalau kemarin itu adalah hari Kebangkitan Nasional. Aku baru ingat saat melihat berita di siaran salah satu televisi swasta di tanah air ini kemarin malam.

Parah nih.. hari Kebangkitan Nasional saja bisa lupa… Tapi lebih parah lagi, mungkin bukan hanya aku, tapi banyak orang juga sudah lupa, yang mereka fikirkan kemarin adalah hari kamis, dan menjelang weekend dan bersiap-siap menonton final Piala Champions. He he kok bisa lupa ya….

Tepatnya 102 tahun yang lalu, bangsa ini merintis sebuah cita-cita untuk menjadi bangsa yang mandiri dan merdeka, hari yang mana kemudian kita kenal sebagai hari Kebangkitan Nasional. Rasanya, sudah lama sekali saya tidak melakukan upacara peringatan seperti ini. Terakhir kali mungkin saat saya masih sekolah.

Hari Kebangkitan Nasional kemarin, dimanfaatkan oleh Presiden SBY dengan mengumumkan pejabat Menkeu baru, empat jam menjelang hari kebangkitan nasional. Entah kebetulan atau tidak, ini adalah gebrakan baru. Terlepas dari pro kontra mengenai Sri Mulyani, kita semua berharap pengganti beliau, yang sekarang Agus Martowardjojo mampu meneruskan semangat kebangkitan nasional dan memberikan dampak yang signifikan kepada Republik ini.

Tahun ini, hari Kebangkitan Nasional terasa pas sekali karena muncul bersamaan dengan kegagalan membawa pulang Piala Thomas dan Uber untuk yang kesekian kalinya (hiks..hiks…). Kegagalan ini haruslah menjadi pelecut semangat untuk menuju prestasi yang jauh lebih baik. Kebangkitan Nasional jangan hanya tercermin dari perayaannya saja, melainkan semangatnya harus mendarah daging di diri ini.

Mudah-mudahan yang kemarin mengadakan upacara, bukan hanya simbolis perayan saja. Dan yang tidak melakukan upacara, ini hanyalah masalah konteks upacara. Pesan penting semangat kebangkitan, tetaplah tertanam dalam sanubari kita.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mari bangkit menjadi pribadi yang lebih baik. (Seruan ini terutama ditujukan untuk diri sendiri)


Artikel menarik lainya:

Tidak ada komentar: