.

.
.

Sabtu, 07 Agustus 2010

Sampaikan Meski Hanya Satu Ayat.




Marhaban Ya Ramadhan

" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa " (QS 2:183).

Beberapa hari lagi kita akan kedatangan tamu agung yaitu bulan Ramadhan. Kedatangan Ramadhan ini  harus kita sambut dengan penuh kegembiraan. Karena insya Allah, kesempatan menikmati indahnya ibadah Ramadhan kembali kita peroleh. Sebagai wujud dari rasa gembira itulah, Ramadhan tahun ini tidak boleh kita lewatkan begitu saja tanpa aktivitas yang dapat meningkatkan ketaqwaan diri, keluarga dan masyarakat kita kepada Allah SWT.

Ramadhan yang penuh berkah harus kita jadikan sebagai momentum untuk menyelamatkan masyarakat dengan melakukan taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah), baik dengan taubat, munajat dan menjalankan sejumlah peribadatan dengan khidmat yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada
siapa saja agar kehidupan kita betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi orang lain.

Ihya Ramadhan atau menghidupkan Ramadhan
harus dihiasi dengan berbagai aktivitas yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini hendaknya diisi dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, memperpanjang ruku, sujud, shalat tarawih, bermunajat kepada Allah, memperbanyak sholat nawafil, senantiasa berzikir, tilawah dan tadabbur Al-Qur'an.

Disamping itu aktivitas Ramadhan juga harus dapat memperkokoh hubungan dengan sesama, seperti memberikan zakat, infaq dan shodaqoh, ifthor (buka puasa bersama), menjauhkan diri dari perbuatan laghwu (sia-sia) dan lain-lain.

Dalam Ramadhan ini
marilah kita bertekad akan menyelami rahasia kehidupan, dari mana kita berasal, di mana kita sekarang dan hendak kemana kita kembali? Sehingga kita akan menghayati bahwa dunia ini adalah tempat berusaha untuk mematuhi perintah Allah dan akhirat adalah untuk menerima balasan dari-Nya.

Pada bulan Ramadhan ini, kita akan berusaha untuk mendapatkan rahmat dan ampunan Allah, karena sesungguhnya celakalah bagi orang-orang yang tidak mendapatkan rahmat Allah pada bulan yang penuh dengan rahmat ini.
Ayo carilah rahmat Allah dengan mengajak diri kita dan orang lain berbuat kebajikan. Bagaimana caranya….? Bertindaklah sesuai ajaran Al Qur’an, atau sampaikanlah meski satu ayat lewat lisan atau tulisan. Oh ya… tunggu serie Ramadhan berikutnya ya….

Selamat datang Wahai Ramadhan, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah, bulan yang menghapuskan dosa dan mengabulkan doa bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh beribadah di dalamnya.

“…..menuju Mubarok... semangat berbagi pesan kebaikan… sampaikan walau satu ayat… Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari. (QS 76: 26)


Ya Rabb... jadikan pesan kebaikan ini sebagai pengingat bagi diriku dan kami semua... Hamba bukanlah makhluk yang sempurna... maka, ampunilah dosa hamba... 

(Ramadhan Session I - Sampaikan Meski Hanya Satu Ayat Diposting juga di Blog-nya Yoyok ,   Facebook KUMAN AIDS dan Outlook Pertamina EP Region Jawa)


Artikel menarik lainya:

Tidak ada komentar: