.

.
.

Kamis, 15 April 2010

KESALAHAN MENDASAR DALAM BERFACEBOOK



Menyambung tulisan terdahulu tentang facebook (Melihat Kepribadian Lewat Status Facebook dan Facebook yang melenakan), kepribadian seorang akan dengan mudah ditebak dari tampilan dan status facebooknya. Jadi, jangan sembarang menulis atau meng-upload sesuatu di account anda. Berikut adalah hal-hal yang sedapat mungkin dihindari dalam berfacebook ria.  
 
1.
Foto Profil

Jangan pernah menampilkan foto profil yang kurang “sopan”. Sekilas tidak ada yang salah dari memasang foto profil yang menunjukkan anda sedang berpose menggoda atau menenggak sebotol minuman keras. Namun jika foto tersebut dilihat oleh atasan dan rekan kerja anda, maka image profesional anda akan langsung runtuh.

2.
Mengeluh

Kadang kita menulis keluhan pada status kita. Bisa berupa keluhan tentang pekerjaan yang menumpuk, atau uneg-uneg akan atasan yang tidak kompeten. Mengeluh itu wajar, namun jika anda melakukannya di forum publik, bisa lain ceritanya.

3.
Mengadu

Hati-hati saat menulis status seperti, "Tommy nggak masuk hari ini karena "sakit", padahal lagi liburan di Bali. Sementara aku terkurung dengan kerjaan yang menumpuk." Bukan hanya nama baik teman anda saja yang dipertaruhkan, tapi juga kredibilitas anda sendiri. Anda akan terlihat licik dan tidak dapat dipercaya.

4.
Privacy Setting

Gunakan fasilitas Privacy Setting agar kita dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat profil lengkap kita, siapa yang tidak bisa melihat foto-foto tertentu, dan sebagainya. Sayangnya, tidak semua pengguna Facebook memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan banyak yang tidak mengerti atau tidak tahu sama sekali.

5.
Pencemaran Nama Baik

Anda sudah menjaga halaman Facebook anda baik-baik sehingga terlihat profesional. Tiba-tiba seorang teman meng-upload foto anda yang sedang mabuk, dan tentunya tak lupa men-tag anda. Rajin-rajinlah mengecek Facebook anda sehingga bisa langsung menghapus konten yang tidak diinginkan.




Artikel menarik lainya:

Tidak ada komentar: